Hari Ke Seratus Delapan Ngampus

Foto ketika pada asyik sendiri
Pada kesempatan kali ini gue nggak telat ngampus. Berangkat setengah Tujuh lumayan leluasa juga, meskipun gue naik angkot. Gue sengaja berangkat awal banget, karena kebagian presentasi jadi harus mengantisipasi dong. Berikut gue paparkan materi yang dipresentasikan.

Penerapan Prinsip Andragogi Program Life Skill

Contoh program life skill ada dua bagian. Pertama, Pendidikan kecakapan hidup. Kedua, pelatihan kewirausahaan ibu rumah tangga. 

Keterkaitan antara prinsip orang dewasa dan program life skill. 

 1. Pengalaman dan Pengetahuan Sebelumnya. Maksudnya adalah bahwa orang dewasa sudah memiliki keduanya/
 2. Otonomi dan Kemandirian. Aerinya orang dewasa sudah bisa memilih dan memutuskan.
 3. Motivasi dan Tujuan
 4. Belajar sepanjang hayat
 5. Keberagaman dan inklusi

Prisip Andragogi Mempengaruhi Program Life Skill

 1. Mengintegrasikan kebutuhan dan tujuan belajar
 2. Menggunakan pendekatan yang aktif dan interaktif
 3. Mengebangkan kemampuan keterampilan
 4. Mengintegrasikan teknologi dan media
 5. Mengembangkan Kemampuan evaluasi dan reflektif.

Itulah, materi yang disampaikan oleh kelompok 5. Saat menjelaskan, gue tampil percaya diri tanpa sedikitpun terdistraksi oleh respon teman-teman yang kebingungan karena katanya bahasa gue ketinggian. Yeah, gue sedang belajar dalam hal ini. Berikut gue paparkan juga, materi yang disampaikan oleh kelompok selanjutnya.
Penerapan Metode Partisipasi Dalam Pembelajaran Orang Dewasa

Partisipasi adalah keterlibatan atau pendekatan antara pengajar dengan warga belajar.  Ada tujuh ciri kematangan seorang individu, diantaranya:

 1. Minatnya selalu berorientasi pada tugas yang dilakukan atau dikerjakan. Dan bisa mengembangkan antara kepentingan pribadi dengan orang lain.
 2. konsep dirinya jelas selalu memiliki kebiasaan kerja yang efesien. 
 3. kemampuan mengendalikan diri dalam bergaul dengan orang lain
 4. memiliki pandngan yang objektif terhadap keputusan yang diambilnya.
 5. siap menerima kritik dan saran dalam meningkatkan diri
 6. bertanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukan
 7. secara realitas dapat menyesuaikan diri
 
Penerapan metode partisipasi dalam pembelajaran orang dewasa

1. menyiapkan iklim yang kondusif
 2. menetapkan kebutuhan belajar
 3. menciptakan mekanisme perencanaan
 4. merumuskan tujuan khusus (objektif)
 5. merancang pola pengalaman belajar
 6. melaksanakan program kegiatan belajar
 7. mengevaluasi hasil & menetapkan ulang

Itulah beberapa materi yang dipresentasikan oleh kelompok enam. Selanjutnya Dosen mengulasnya dengan detail. Ada istilah PAIKEM GEMBROT  yang baru kami dengar. Ternyata itu adalah kepanjangan dari, Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan. GEmbira BeRbOboT. Yeah, begitulah. 

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement