Hari Ke Sembilan Puluh Satu Ngampus

Acara shering sesion, gue nggak ada lagi duduk santai
"Ada dua hal yang harus kalian lakukan untuk meningkatkan soft skill yaitu, pemberdayaan dan pelatihan. Bila ada dua kesempatan ini, ikutilah." Kata Pak Rizaldi dalam acara shering session. 

Gue dan beberapa teman lainnnya datang telat dalam acara itu, karena mmang mengikuti mata kuliah dulu, baru setelah itu ikut berbaur, itu pun sudah masuk sesi tanya jawab. 

Hari ke Sembilan Puluh Satu Ngampus, mata kuliah pertama tidak ada karena menurut informasi dosennya sakit. Mata kuliah kedua, ekonomi kreatif dan kerakyatan dilaksanakan secara offline, seperti biasa gue datang telat. Berikut gue paparkan apa yang dibahas pada kesempatan kali ini. 

Wirausahawan, yaitu yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang, serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan sukses secara berkelanjutan. 

KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN

 1. Percaya diri
 2. Berorientasi pada tugas dan hasil
 3. Keberanian mengambil resiko
 4. Kepemimpinan
 5. Keorisinilan
 6. Berorientasi ke masa depan

Menurut Peggy dan Charles (1999) Enterprrneur atau kewirausahaan harus memiliki 4 unsur pokok, yaitu:

 1. Kemampuan IQ dan SKILL (Membaca peluang, berinovasi, mengelola, menjual).
 2. Keberanian EQ dan MENTAL (Mengatasi Ketakutan, Mengendalikkan resiko, keluar dari zona nyaman)
 3. Keteguhan Hati (Motivasi Diri) diantaranya ada ulet atau pantang menyerah, teguh dalam keyakinannya dan kekuatan akan keyakinan bahwa kita bisa.

Enterpreneur tidak sekedar berdagang/berjualan, hakikatnya adalah menambah nilai guna suatu barang dengan melakukan kreatif dan inovatif. Dalam hal ini gue memandang lebih luas bahwa misalnya kita berada di lingkungan yang membosankan, di situlah kita menjadikan kreatif dan inovatif di lingkungan itu sehingga tidak membosankan, nah masuk nih ke enterprenur. Banyaklah contoh-contohnya tinggal dikait-kaitkan aja dah.

Mata kuliah ketiga ternyata diganti dengan mengikuti shering session, awalnya gue nggak ngeh sih karena nggak buka grup kelas. Tapi setelah gue ngeh, baru berucap astagfirullah, yeah begitulah kita-kira. 

Tadinya abis dzuhur gue mau langsung pulang, asyik juga yah jadi mahasiswa kupu-kupu untuk jangka pendek, lebih banyak istirahatnya gue bisa nyantai di rumah setelah beberapa hari di porsir. 

Gue nggak pulangnya karena ada kumpulan departemen himpunan membahas program. Yeah, kadang gue aneh kenapa yah tema acara yang akan dilaksanakan gagal terus, alasannya ditolak kating dan alumni, padahal mereka hanya memberi saran doang tinggal kita menguatkan argumen. Kalo mengikuti apa yang mereka sampaikan, kapan kelarnya sih? Lama pastinya. Wallahu'alam.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement