Hari Ke Sembilan Puluh Dua Ngampus

Sedang so sibuk baca buku
"Jangan dulu duduk, kamu kenapa telat?" Tanya Dosen yang kali ini gue kena teguran.

"Saya bangun kesiangan pak." Jawab gue jujur, untuk kali ini gue capek beralasan. 

Dosen mengangguk dan memperingatkan gue agar tidak mengulanginya lagi. Gue sih iya aja karena memang merasa salah. Lalu ikut duduk dengan yang lain. Mata kuliah untuk hari ini ada dua, dan kedua-duanya sering membuat ketar-ketir dosennya itu loh displin bat dah. Tapi bagi gue? Santai aja nggak sih wkwk.

Tidak ada materi untuk mata kuliah pertama, melainkan hanya presentasi, berikut gue paparkan.

MACAM-MACAM KEPEMIMPINAN
 
 1. Kepemimpinan otokrasi
 2. Kepemimpinan demokratis
 3. Kepemimpinan Liberal
 4. Kepemimpinan Karismatik
 5. Kepemimpinan tradisional
 6. Kepemimpinan rasional

KEMAMPUAN TEKNIS KEPEMIMPINAN

 1. Komunikasi
 2. Motivasi
 3. Pengambilan Keputusan

Ada 4 tahap yang harus dilakukan pemimpin agar dapat mengelola perubahan lingkungan

 1. Mengidentifikasi perubahan
 2. Menilai posisi organisasi
 3. Merencanakan dan melaksanakan perubahan
 4. Evaluasi

Untuk meraih hasil yang diharapkan maka kepemimpinan harus mengetahui dan memahami hal berikut ini, yaitu:

 1. Kepemimpinan dan budaya organisasi
 2. Kepemimpinan dan organisasi 

Ketika presentasi berjalan, Dosen ijin pamit duluan karena mau rapat dadakan. Bukan main satu kelas histeris berteriak ria, setelah Dosen benar-benar pergi. Memang nggak semuanya sih, termasuk gue. Yeah, gue sedang so sibuk membaca buku.

Mata kuliah kedua tidak ada pembelajaran, yeah hanya registrasi mengikuti acara konferensi internasional yang dibantu oleh asisten Dosen. Ketika upload jurnal yang telah dibuat, gue tersenyum getir sekaligus bangga karena membuat jurnal murni dari HP, bukan leptop. Mungkin memang bukan hanya gue aja, tapi bagi gue itu adalah hal yang luar biasa. Gue bersyukur meskipun Leptop nggak ada, pakak HP pun tetap selesai, apalagi kalo gue udah punya Leptop yah. Allahumma Sholli Ala Muhammad.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement