Hari Ke Tujuh Puluh Dua Ngampus

Suasaba kelas ketika MK 
"Kamu hasyim! Sebagai mahasiswa harus bisa peka kepada lingkungan sekitar, apalagi sebagai kader Pelajar Islam Indonesia (PII) harus bisa bertanggung jawab dan memimpin!" Kata Dosen panjang lebar yang disambut ketawa riuh oleh teman-teman ketika mendengar kata 'PII' dilontarkan.

"Siaap, pak." Jawab gue tegas, dalam hati gue ngomel, asyik! Juga diajar sama Kanda tidak membosankan se-rasa dalam Lokal di Training PII. 

Kemarin gue sebenarnya ketika dalam acara kajian Ramadhan sudah penasaran dengan Dosen yang satu ini, karena pembahasannya selalu merumus kepada Iman. Apa-apa disangkutkan kepada Iman, ruh-ruh penyampaiannya kayak pernah ber-PII atau mungkin HMI. Ternyata, qodarullah setelah selesai kajian Dosen bilang sama gue bahwa dia pernah aktif di PII, pantes kata gue.

Oke kita skep soal itu. 

Hari ke Tujuh Puluh Satu Ngampus, mata kuliah ada dua yaitu, Dinamika kelompok dan Analisis kebutuhan. Pada mata kuliah pertama membahas tentang kepemipinan dengan sangat gamblang. Tak hanya itu, Dosen juga menbahas tentang bedanya pemimpin dan pmpinan. 

Pemimpin adalah dia yang mempunyai tanggung jawab, singkatnya otaknya. Pimpinan adalah jabatannya di struktural organisasi atau lembaga pemerintahan. Sedangkan kepemipinan adalah sifatnya atas apa yang pemimpin kendalikan. 

Permasalahan pemimpin sekarang dalam kecamata Dosen adalah kurangnya kepekaan sosial terhadap bawahannya. Yang akhirnya apa yang terjadi? Adanya miskomunikasi. 

Komunikasi di organisasi itu ada tiga, yaitu: Top down (dari atas ke bawah), Button up (dari bawah ke atas) dan horizontal. Ketiga hal sadar atau tidak selalu dipakai di organisasi. Istilahnya biasanya disebut, garis koordinasi dan garis terputus-putus. 

Mata kuliah kedua membahas tentang hasil-hasil analisis antar kelompok sesuai negara yang di pilih. Kelompok gue mengambil Amerika serikat. Ternyata, Negara yang disebut adidaya dalamannya sungguh kacau. Bila dibandingkan dengan negara kita, ya, lebih baik negara kita. 

Sebenarnya antar kelompok sangat panjang sekali memaparkan hasil analisisnya, cuman di sini gue nggak bisa menukiskannya, bukan apa-apa gue ngantuk banget nih pingin tidur, lain kali aja  dah.

Posting Komentar

0 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement